AdSense

Sunday 22 February 2015
0 komentar

Mekanisme Kerja Kompresor

06:12:00
Kompresor adalah alat yang digunakan untuk memampatkan udara. Dimana udara di atmosfer bertekanan lebih rendah daripada udara didalam tabung kompresor, mampu dihisap dan disimpan ke dalam tabung kompresor. Tekanan di dalam tabung kompresor lebih tinggi daripada tekanan udara di lingkungan dikarenakan udara tersebut dimampatkan, sehingga dengan tempat terbatas, udara dipaksa masuk, yang mengakibatkan massa udara di dalam tabung kompresor tersebut bertambah sedangkan volumenya tetap dalam satu tabung. Hal ini menyebabkan tekanan udara di dalamn tabung naik, begitu pula temperaturnya.




Gambar. kompresor tampak dari luar, dokumentasi penulis di lapangan

Gambar. animasi mekanisme kerja kompresor, yang diambil dari http://wisnusantoso1.blogspot.com/2012/10/masalah-ac-mobil-dan-solusinya.html


Adapun urutan kerja kompresor torak adalah sebagai berikut:
  1. Proses penghisapan udara
Ketika poros di dalam silinder kompresor berputar sehingga dapat menggerakkan batang penggerak (shaft) yang mengakibatkan torak bergerak ke bawah, maka terjadilah tekanan negatif atau tekanan di bawah tekanan atmosfer di dalam silinder kompresor. Terbukalah katup isap dikarenakan tekanan negatif tersebut, sehingga menyebabkan udara dari lingkungan dapat terhisap masuk ke dalam silinder kompresor.
  1. Proses pengkompresian udara
Ketika torak bergerak dari bawah dari titik mati bawah ke titik mati atas menyebabkan katup isap tertutup, sehingga menyebabkan udara di dalam silinder dapat dimampatkan.
  1. Proses pengeluaran udara
Ketika torak bergerak ke atas, mengakibatkan tekanan di dalam silinder naik. Sehingga katup terbuka dan udara keluar dari silinder kompresor menuju ke tabung kompresor.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top