AdSense

Saturday 12 April 2014
0 komentar

Mengenal Ilmu Perpipaan

01:26:00

       I.            Pengenalan ilmu perpipaan
1.      Sejarah pipa
Dalam keseharian, kita sudah tidak asing lagi dengan pipa. Kita dapat menjumpainya di atas atap rumah kita, di depan rumah ataupun di tanam di dalam tanah pada pekarangan rumah kita. Penggunan pipa dalam rumha tangga biasa untuk sanitasi air kotor dan air bersih. Atau yang kita bias temui di industry pabrik, pasti kita akan selalu menemui pipa. Belum ada teknologi terbaru tanpa penggunaan pipa dalam industry.
Mengenai asal usul pipa, belum ada referensi paten yang dapat digunakan. Dalam hal ini sudah bertaburan banyak referensi yang beredar mengenai asal usul, namun belum begitu penting di bhas dalam materi ini.
Berdasar kegunaan pipa yang sudah tersedia, ada kesamaan dengan dengan kegunaan bamboo. Dimana bamboo berbentuk tabung panjanng, memiliki ruas yang dapat diambil dengan beberapa metode. Sehingga bamboo yang tadinya beruas-ruas menjadi lonjoran bamboo yang dapat mengalirkan air dari titik yang memiliki ketinggian yang lebih besar. Dalam hal ini sesuai dengan kegunaan pipa yang dapat mengalirkan fluida cair dari tempat yang memiliki ketinggan yang lebih besar. Sehingga kemungkina terbesar asal usul pipa itu dari penggunan bamboo.
Dari segi usia penggunaan, bamboo memiliki usia relative pendek. Sehingga masayrakat sebelukiat berfikir untuk pemanfaatan bamboo memliliki usia yang tahan lama. Maka ditemukanlah pipa, yang mempunyai usia yang lebih tinggi dari pada bamboo. Disamping itu seiring berkembangnya pemikiran, tercipta pipa yang dapat digunakan untuk berbagai fluidda, sehingga mempunyai manfaat yang lebih banyak daripada bamboo.



2.      Material pipa
Kita sudah mengenal pipa di rumah tangga yang kebnyakan mengguankan pipa yang terbuat dari pvc (…..). mudah, murah dan tangguh, itulah alasannya pvc digunakan dalam rumah tangga. Selain pvc ada berbagai jenis material yang digunakaan daam pembuatan pipa yang sudah ada dalm masa modern ini. Adapun material selain pvc yang sering digunakan dalam pembuatan pipa adalah beton (concrete),kaca (glass), timah (lead), kuningan (brass), tembaga (copper), aluminium, besi tuang (cast iron), baja karbon (carbon steel), dan campuran baja lain.
Setiap material mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Dapat dimungkinkan di kemudian hari akan tercipta pipa yang terbuat dari material tersebut di atas. Hal itu dikarenakan semakin berkembangnya teknologi pembuatan material, sehingga produk material mempunyai karakter baru yang bias di katakana lebih efisien dari produk material sebelumnya.
Pemilihan material pipa harus diseuaikan dengan lingkungan yang akan di tempati suatu pipa. Misalkan pada lingkungan yang memiliki empat musim, meliputi panas, salju, semi, hujan,  harus menggunkan material yang dapat beroperasi pada musim-musim tersebut. Dalam kasus ini pvc yang kita gunakan tidak cocok digunakan di lingkuangan tersbut, karena pipa pvc yang kita gunakan didesain untuk dua musim, yaitu panas dan hujan. Sehingga material pipa yang digunakan pada sertiap lingkungan, berbeda. 
Berdasar pada materi yang beroperasi pada suatu pipa dibedakan menjadi 2 yaitu fulida cair dan fulida gas. Dimana stiap fluida baik itu fluida cari ataupun fulida gas, memiliki karakteristik yang berbeda.  


0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top