AdSense

Wednesday 14 September 2016
0 komentar

Manufaktur Pembuatan Pipa Baja

07:20:00



                Pipa karbon steel menggunakan berbagai teknik dalam manufaktur pembuatannya. Setiap teknik yang berbeda memiliki karakteristik hasil produk yang berbeda. Karakteristiknya mulai dari keukatan pipa, ketebalan pipa, ketahanan korosi, dan batas temperatur dan tekanan. Dengan contoh, pipa mempunyai kesamaan ketebalan dinding namun dibuat dengan metode yang berbeda kemungkinan besar akan mempunyai kekutan dan batasan tekanan yang berbeda. Metode manufaktur pipa yang termasuk didalamnya adalah seamless, butt-welded, dan spiral-welded.
              Pipa seamless dibuat dengan metode menembus pejal. Dengan menggunakan mandrel dibentuk pipa dengan menembus pipa pejal tersebut. Secara perlahan mandrel diputar, sehingga mandrel dapat dengan mudah menmbus pipa pejal. Sehingga terbentuk pipa dengan rongga yang sudah disesuaikan dengan besar diameter mandrel.



Gambar Manufaktur pipa seamless

Pipa butt-welded dibentuk dengan plat baja panas yang dibentuk menggunakan roll menjadi pipa yang berlubang. Dengan paksa two ends dari plat bertemu secara bersamaan dilakukan pengelasan pada two ends tersebut.



Gambar Manufaktur pipa butt-welded

Metode terkahir yang digunakan adalah spiral welded. Pipa spriral welded dibentuk dengan twisting strip logam menjadi bentuk spiral, dengan dilengkapi pengelasan pada sudutnya. 

Gambar Manufaktur pipa spiral welded



Gambar Pipa Karbon Steel
 


 


 


0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top