AdSense

Saturday 26 December 2015
0 komentar

Minyak Mentah

19:21:00

Minyak merupakan salahsatu energi yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan adanya minyak, manusia dapat mengoperasikan motor, mobil, kapal, pesawat terbang, alat berat dan lain-lain. Peralatan tersebut dapat digunakan untuk mempermudah dalam penyelesaian pekerjaan manusia. Seiring dengan bertambahnya pekerjaan maka penggunaan peralatan tersebut semakin dibutuhkan, sehingga kebutuhan minyak semakin besar. Peningkatan kebutuhan minyak maka harus diimbangi dengan peningkatan produksi minyak. Sehingga perusahaan minyak harus menggunakan sistem perlatan produksi dengan kehilangan produk hampir nol, agar semua minyak yang sudah diproduksi dapat difungsikan secara maksimal.



Gambar. Sumur Produksi Minyak Mentah

Ada berbagai macam produk olahan minyak bumi. Di Indonesia terdapat beberapa macam produk yang sudah beredar dipasaran. Olahan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Pertamax
2.      Pertalite
3.      Premium
4.      Solar


Dari produk tersebut mempunyai kegunaan masing-masing yang berbeda. Setelah proses pembakaran oleh engine, produk tersebut akan menghasilkan emisi gas buang. Gas buang dalam jumlah besar akan berdampak buruk bagi lingkungan.


Ada beberapa equipment yang digunakan dalam dalam proses produksi dan penyimpanan minyak mentah. Dari sumur sampai keluar dari lokasi setiap equipmen yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda. Adapun equipmennya adalah sebagai berikut:

1.   Manifold

2.   Separator

3.   Scruber

4.   Tanki penyimpanan

5.   Flare

6.   Pompa


0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top