AdSense

Saturday 20 June 2015
0 komentar

Paduan Material (Alloy)

01:55:00
Paduan (alloy) adalah campura bahan yang memiliki sifat-sifat logam, terdiri dari dua atau lebih komponen (unsur), dan sedikitnya satu komponen utamanya adalah logam. Suatu sistem paduan dalah suatu sistem yang terdiri dari semua paduan yang dapat terbentuk dari beberapa unsur dengna semua macam komposisi yang mungkin dapat dibuat.
Suatu paduan dapat berupa susunan yang homogen atau campuran (mixture). Jika beruapa susunan yang homogen oadaun akan terdiri dari satu fase tunggal dan bila berupa campuran paduan akan terdiri dari beberapa fase.
Fase (phase) adalah bagian dari material, yang homogen komposisi kimia dan strukturnya, dapat dibedakan secara fisik, dapat dipisahkan secara mekanik dari bagian lain. Suatu fase dapat dibedakan dari fase lain dengan melihat keaadan fisiknya, ada fase gas, cair dan padat.
Pada paduan dalam keadaan padat, ada tiga kemungkinan macam fase, yaitu :

  1. Logam Murni
  2. Compound (Senyawa) adalah gabungan dari beberapa unsur dengan perbandingan tertentu yang tetap.
  3. Larutan padat (solid Solution) adalah suatu laruan yang terdiri dari dua bagian yaitu solute (terlarut) dan solvent (pelarut). solute merupakan bagian yag lebih sedikit dari pada sovent.



0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top