AdSense

Saturday 20 June 2015
0 komentar

Sifat Mekanik

01:52:00
Sifat maknik adalah kemampuan suatu bahan untuk menerima beban/gaya/energi tanpa menimbulkan kerusakan pada bahan. Beberapa sifat mekanik yang baik adalah:

  1. Kekuatan (strength) atau tegangan (stress) adalah kemampuan bahan utuk meneriam tegangan tanpa menyebabkan bahan patah. Kekuatan meliputi : kakuatan tarik, kekuatan geser, kekuatan tekan, kekuatan puntir dan kakuatan bending.
  2. Kekerasan (hardness) adalah kemampuan bahan untuk tahan terhadapa peggoresan, pengikisan (abrasi), indentasi atau peetrasi(penekanan). Sifat ini berkaitan dengan sifat tahan aus (wear resisteance).
  3. Kekenyalan (elasticity) adalah kemampuan bahan untuk meneria tegangan tanpa mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk yang permanen setelah dihilangkan.
  4. Kekakuan (Stiffness) adalah kemampuan bahan untuk meneriam tegangan /beban tanpa mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk (deformasi) atau defleksi.
  5. Plastisitas (Plasticity) adlah kemampuan bahan untuk mengalami sejumlah deformasi plastik (yang permanen) tanpa mengakibatkan kerusakan.
  6. Ketaggguahan (Toughness) adalah kemampuan bahan untuk menyerap sejumlah energi tanpa mngekibatkan terjadinya kerusakan.
  7. Kelelahan (Fatigue) adalah kecenderungan dari logam untuk patah jika menerima tegangan berulang-ulang (cyclic stress) yang besarnya masih jauh di bawah kekuatan elastisnya.
  8. Merangkak (Creep adalah kecenderungan suatu logam utuk mengalami deformasi plastik yang besarnya merupakan fungsi waktu, pada saat bahan tadi menerima beban yang besarnya relatif tetap.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top